1 September 2017

Tips Buat Denah Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola Sesuai Syariah

Tips denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola sesuai syariah islam, menurut pandangan kami berikut ini bisa diterapkan pada desain rumah minimalis dan rumah sederhana. Aturan di dalam setiap agama memang berbeda-beda maka dari itu sebaiknya Anda mengetahui tata cara pembangunan mushola atau tempat ibadah umat muslim dengan penyesuaian 3 kamar.

Dalam islam tentunya memberikan aturan untuk mendesain denah mushola dalam rumah dan luar rumah, entah itu untuk renovasi rumah sederhana ataupun untuk rumah minimalis. Biasanya developer perumahan untuk rumah minimalis type 36, 45 atau type di atasanya jarang sekali memperhatikan adanya mushola atau tempat sholat di dalam denah rumah pada katalog-nya. Karena memang mereka mempromosikan rumah pada calon pembeli untuk semua agama.

Dari situlah bermulanya artikel yang kami tulis ini untuk membantu pembuatan sketsa denah rumah dengan mushola. Dengan demikian prinsip apa saja yang harus diterapkan dalam membuat denah rumah 3 kamar tidur yang dilengkapi dengan 1 mushola di dalam rumah. Sehingga nantinya tamu muslim dan anggota keluarga lainnya bisa menjalankan rukun islam yang kedua tersebut jika sudah masuk waktu sholat.
denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola

Tips Membuat Denah Rumah 3 Kamar Tidur 1 Mushola Sesuai Syariah

Melalui tips dan contoh denah rumah 3 kamar tidur dan mushola berikut ini semoga saja memberikan inspirasi demi terciptanya rumah yang islami dan cantik. Dari pemilik rumah seorang muslim yang mengharapkan keberadaan di dalam denah rumahnya ada 3 kamar yang terdiri dari kamar tidur utama, kamar tidur anak, kamar pembantu atau tamu lalu satu mushola sesuai syariah dapat melihat tips berikut:

#1. Tata letak 3 kamar tidur serta penataan denah mushola

Pada dasanya pembangunan rumah akan tergantung pada ketersediaan lahan, nah untuk denah rumah 3 kamar tidur 1 lantai jarang sekali kita temukan di area lahan sempit. Yang memungkinkan dengan penambahan 3 kamar tersebut adalah pengembangan rumah secara vertikal. Artinya jika rumah masih 1 lantai maka Anda bisa melakukan pembangunan rumah minimalis 2 lantai untuk penempatan 2 kamar tidur tambahan dan 1 ruangan sholat / mushola di lantai atas.

Lalu untuk membuat mushola di dalam rumah memang memerlukan beberapa penyesuaian dari syariah islam sendiri. Tata letak mushola yang harus diperhatikan saat pembuatan denah rumah sebelum membangun adalah jangan menempatkan mushola yang dekat dengan area publik. Misalnya mendesain denah mushola di dekat ruang tamu sehingga dapat menggangu kenyamanan dan kekhusukan ibadah sholat.
desain mushola di rumah dan 3 kamar tidur
Hindari juga dalam membuat desain denah mushola yang berdekatan dengan denah wc meskipun tidak ada larangan khusus dalam islam, hal ini dimaksudkan untuk menghindari najis yang terbawa ke tempat sholat. Atau jika hal ini terjadi seharusnya Anda memperhatikan pembuatan tempat cuci kaki dengan air bersih.

Jika Anda memiliki lahan yang luas maka pilihan yang cocok adalah membangun mushola di luar rumah. Hal ini jauh lebih mudah untuk memilih tempat nyaman dan tenang, pun sangat gampang untuk mengarahkan mushola ke arah kiblat secara tepat. Jadi suasana khusuk akan Anda dapatkan sehingga menjadikan ibadah sholat, mengaji, dan berdizkir lebih berkualitas.

#2. Ukuran 3 kamar tidur dan ukuran mushola yang ideal

Sebelum memesan denah rumah pada jasa desain rumah yang tersedia online, sebaiknya Anda melihat ukuran kamar tidur yang ideal dan ukuran tempat sholat dalam rumah. Secara standar ukuran yang sudah ditentukan kamar tidur seharusnya memiliki ukuran yang bergantung dari siapa pengguna kamar tidur tersebut.

Contoh untuk desain kamar tidur anak-anak yang masih kecil gunakan saja ukuran kamar yang tidak terlalu luas. Asalkan ruang gerak tetap nyaman jika berada di dalam kamar serta memberi celah yang pas untuk membersihkan ruang istirahat ini. Kalau untuk ukuran rumah kecil tentunya harus bisa memilih dimensi kamar yang standar, silahkan lihat selengkapnya pada denah rumah 3 kamar.!
model mushola minimalis dalam rumah sesuai syariah
Agar mushola sesuai syariah dengan menampung anggota keluarga untuk sholat berjamaah maka Anda sebaiknya menentukan ukuran mushola yang berada di dalam rumah dengan perhitungan yang ideal. Coba perhatikan sajadah yang Anda gunakan untuk sholat maka diketahui ukuran Panjang x Lebar. Hitung saja berapa shaf sholat yang diharapkan dan baris yang Anda inginkan. Jumlah total akan ketemu dengan ukuran luas mushola untuk sholat berjamaah.

#3. Arah ventilasi 3 kamar tidur dan arah mushola menghadap kiblat

Anda mengingikan kamar tidur yang sehat bukan? Dengan demikian untuk menentukan arah sirkulasi udara di dalam kamar tidur sangatlah penting, seharusnya Anda mengarahkan jendela kamar tidur tepat ke arah taman. Atau jika kamar berada di tengah ruangan usahakan udara yang masuk ke angin-angin atau jendela tidak terhalang dengan begitu memiliki ventilasi ruang yang bagus.
desain rumah islami cantik dan sesuai syariah
Kiblat adalah arah yang sesuai syariah untuk menunaikan sholat wajib atau sholat sunnah.  Karena islam adalah agama yang fleksibel dan mengatur arah sholat menghadap kiblat Ka'bah di Mekkah. Jika mushola berada di dalam rumah untuk menentukan mushola yang tepat menghadap kiblat sangat sulit. Kecuali secara kebetulan bangunan rumah minimalis Anda memang dengan arah yang tepat sesuai kiblat tapi ini kemungkinannya kecil.

Lalu bagaimana jika tidak seperti itu? jika bangunan mushola tidak tepat menghadap kiblat maka Anda bisa mengarahkan sajadahnya saja sesuai kiblat. Karena bukan musholanya yang menghadap kiblat tapi seseorang yang menunaikan sholatlah yang menghadap kiblat.

#4. Tempat wudhu dan peletakan lantai mushola

Tentunya mushola selalu dilengkapi dengan tempat wudhu, memang mengambil air wudhu bisa dilakukan di dalam kamar mandi tapi alangkah baiknya kalau tempat air wudhu ini dibuat terpisah dengan kamar mandi. Anda bisa membuat desain air wudhu dalam rumah namun di area dekat mushola asalkan saluran air dibuat secara baik, hal ini digunakan untuk menghindari cipratan air wudhu mengenai tempat sholat.
rumah 3 kamar 1 mushola

Untuk lantai mushola sebaiknya dibuat lebih tinggi dari lantai lainnya di rumah. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kotoran dan najis sehingga menjadikan mushola tetap suci. Debu dari lantai lainnya pun tidak bisa masuk sehingga pembersihan mushola tidak harus dilakukan setiap hari.

#5. Desain interior 3 kamar tidur dan desain interior mushola

Yang berkaitan dengan judul dari artikel ini rasanya belum lengkap kalau kita tidak membahas tentang desain interior kamar tidur dan desain interior mushola. Untuk membuat kamar tidur terasa nyaman, Anda bisa memilih warna cat yang cerah untuk usia orang muda. Lalu untuk penghuni kamar yang sudah berusia lanjut misalnya untuk kamar orang tua, sebaiknya warna cat kamar tidur yang cocok yaitu warna soft.

Pada pemilihan ornamen mushola pilhlah hiasan dinding kaligrafi dengan lafadz Allah dan Muhammad. Selebihnya Anda bisa menempatkan rak dinding minimalis untuk penempatan Al-Quran dan secara terpisah bisa digunakan untuk menyimpan mukena dan kopyah. Nah, untuk warna cat dinding mushola di dalam rumah, sebaiknya Anda memakai warna netral putih tulang ataupun krem. Atau kombinasi warna cat yang cerah karena semua warna menurut islam adalah baik.
desain rumah 3 kamar tidur sederhana 1 mushola
Demikianlah yang bisa kami berikan untuk tips pembuatan denah rumah 3 kamar tidur 1 mushola sesuai dengan syariah. Untuk pengembangan lainnya, Anda bisa menanyakan pada orang yang ahli dalam ilmu islam serta konsultan rumah. Untuk penentuan tata ruang dan denah rumah minimalis type 45 3 kamar Anda bisa membaca selengkapnya pada tautan. Terima kasih sudah membaca informasi dari kami semoga bermanfaat sebagai penerapan.

 
Back To Top