27 Oktober 2017

Jenis Jenis Atap dan Gambarnya Untuk Rumah Minimalis

Jenis jenis atap dan gambarnya dapat Anda lihat dari informasi yang kami muat dalam artikel ini. Karena memang macam-macam bentuk atap baik dari rumah mediteranian atau rumah minimalis seperti yang lagi trend sekarang. Nah, kalau Anda sedang mencari bentuk atap rumah seperti apa saja silahkan membaca baik-baik kelebihan dan kekurangan atap rumah berdasarkan jenisnya.

Jenis atap rumah memanglah sangat beragam selain bahan juga model atap yang baik bagaimana untuk penerapan rumah minimalis? Namun pada dasarnya asitektur rumah modern mengalami perkembangan dengan mengambil konsep dasar rumah jaman lama. Atap rumah sekarang hanya mengkombinasikan dari jenis jenis atap rumah model kolonial dan mediteranian. Para arsitek di Indonesia juga bisasanya memadukan atap rumah tradisional.

Jenis Jenis Atap dan Gambarnya Untuk Rumah Minimalis

Sebagian dari banyak jenis jenis atap rumah berikut ini dapat diaplikasikan kedalam model rumah minimalis yang Anda banguan atau renovasi mungkin dari rumah 1 lantai ke 2 lantai. Kerena dari sebagian model jenis atap rumah yang ada tentunya hanya ini yang cocok untuk desain rumah minimalis.

1. Jenis atap pelana rumah minimalis

Dari nama bentuk atap rumah terbaru yang sering digunakan dalam pembuatan rumah minimalis adalah jenis atap pelana. Ciri desainnya atap ini memiliki kemiringan 30-40 derajat, karena mempunyai ukuran sudut yang ideal maka atap jenis ini cocok dipake pada daerah tropis seperti di Indonesia. Kelebihan bentuk atap pelan adalah memiliki daya serap panas matahari cukup baik yang sangat ideal digunakan daerah panas.
jenis jenis atap dan gambarnya

Pengerjaan atap berjenis pelana juga dengan kontruksi sederhana dengan hal tersebut tentunya biaya untuk membuat atap pelana jauh lebih murah. Makanya rumah minimalis di perumahan banyak yang menerapkan atap dengan model pelana. Atap yang biasa disebut juga pelana kuda tersebut tingkat kebocoran sangat kecil apalagi jika Anda melapisi dengan cat anti bocor.

Kekurangan desain atap pelana yaitu akan terkena terpaan angin yang cukup kencang dari kedua sisi segitiganya. Jika jenis genteng tidak baik, maka akan mengalami kebocoran serta kalau memakai atap baja ringan sebaiknya Anda memperhatikan skrup pengikat. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan atap jenis pelana, sekarang marilah melihat gambarnya!
bentuk atap dan gambarnya

2. Jenis atau bentuk atap perisai (limasan) rumah minimalis sederhana

Atap limasan atau dapat diistilahkan juga sebagai atap perisai juga sangatlah baik untuk penerapan di iklim tropis. Karena bentuknya yang menyerupai bangun limas maka atap ini mempunyai ruang yang cukup tinggi untuk plafon dapat diketergorikan sebagai jenis atap rumah yang tidak panas. Kelebihan atap limasan terpaan angin lebih kecil karena tidak ada bagian yang menjulang atau memiliki ukuran yang sama.
model atap terbaik dan gambarnya

Dengan model atap yang terlihat simpel dan sederhana maka atap jenis perisai ini penerapannya pada rumah minimalis sederhana. Kekurangan atap perisai atu limas ini teletak pada tingkat bocor pada jurai jika pengerjaan kurang rapi. Kelebihannnya atap limasan ini akan mewujudakan tampilan rumah lebih sederhana baik bentuk leter L atau biasa. Seperti ini gambarnya!
jenis jenis atap baru dan gambarnya

3. Jenis atap kombinasi (pelana - perisai) rumah minimalis

Jenis atap kombinasi dari kedua model pelana dan limas karena memilki campuran bentuk yang seperti uraian diatas maka Anda pasti sudah tau kelebihan dan kekurangannya. Di Indonesia sendiri sebenarnya jenis atap seperti ini sudah banyak di pakai dari dulu. Bisa kita lihat pada bentuk rumah yang ada jogjo di bagian teras depan.
jenis atap dan gambar

Bahasa di lapangan pun bermacam-macam ada yang menyebutnya dengan sebutan atap tenda patah. Karena memang betuknya seperti tenda (pelana) yang dikombinasi dengan bentuk limas sehingga menghasilkan perpaduan yang indah. Apalagi jika penggunaan genteng berbahan keramik menjadikan tampilan eksterior rumah semakin keren.
bentuk atap pelana dan perisai rumah minimalis
 

4. Jenis atap sandar rumah minimalis modern

Dengan bentuk atap yang menempel makanya istilah dalam arsitektur menyebutnya sebagai atap sandar. Dulunya pada banguna rumah tradisional jenis atap sandar digunakan untuk emperan samping rumah. Tapi sekarang atap sandar dipakai untuk rumah minimalis modern, dengan ide yang baik para desainer rumah menerapkan kombinasinya dengan atap pelana. Entah dipakai untuk teras, balkon dan selaras rumah bahkan sebagai atap utama rumah.

Kekurangan atap sandar karena pada sisi atasnya menempel pada tembok yang vertikal kebocorannya akan timbul dari bagian tersebut. Namun bisa diatasi dengan pengerjaan yang rapi serta menambahkan pelapis kebocoran.
jenis atap sandar rumah minimalis sederhana

Kelebihan atap sandar terdapat pada tampilan rumah menjadi lebih unik dengan bentuk atap rumah modern. Karena memang dari kombinasi dua jenis atap tersebut. Pada kontruksi atap tak memerlukan biaya mahal, soalnya hanya memerlukan setengah kuda-kuda atau digantikan dengan dinding sofi-sofi.

5. Jenis atap datar rumah minimalis modern

Jenis atap yang kelima merupakan bentuk atap datar yang sangat baik penerapannya untuk rumah dengan desain modern. Biasanya atap rumah ini berbahan dasar cor atau beton dengan ciri yang hanya sedikit kemiringannya atau hampir datar.  Konsep modern seperti sekarang ini banyak tercipta dari kesederhanaan bentuk bangunan yang kotak lengkap dengan atap datar.
bentuk atap rumah modern kontemporer

Di Indonesia secara umum masih belum banyak digunakan sebagai hunian masyarakat di pedesaan. Namun bangunan seperti apartemen, villa dan bangunan mal atau ruko sekarang mengarah ke konsep modern dengan memakai jenis atap datar. Dengan begitu jenis atap rumah terbaik untuk desain modern kontemporer yaitu atap datar.
model atap datar rumah modern minimalis

Kekurangnnya jika menggunakan atap datar, aliran air hujan tidak secara cepat karena sudut kemiringan kecil. Penggunana ac atau pendingin ruangan sangat diperlukan karena daya serah panas matahari yang tinggi. Kelebihan atap datar ini terletak di keawetannya karena bisa bertahan 10 hingga 20 tahun.

6. Jenis atap tenda rumah sederhana

Karena bentuknya yang menyerupasi tenda camping klasik maka jenis atap ini sering disebut atap tenda. Ciri-ciri atap tenda terdiri dari empat bidang atap yang sama pada ukuran lereng sampai bertemu satu titik diujung. Garis yang bertemu antara empat bidang tersebut disebut sebagai jurai. Biasanya atap tenda ini banyak digunakan pada bangunan gazebo, pendopo, mushola ataupun rumah minimalis sederhana.
bentuk atap tenda gazebo

Kelebihan atap tenda ini akan terlihat sederhana dengan cara tersebut tampilan eksterior rumah menjadi lebih simpel. Meskipun ini juga bisa dipadu padankan denga jenis atap lainnya apalagi Anda mempercayakan pada jasa desain rumah yang profesional. Kekurangannya tidak dapat digunakan pada bangunan utama rumah. Kontruksi kuda-kuda yang diperlukan juga sangat banyak membutuhkan bahan tak cocok jika Anda mengaharapkan model atap rumah sederhana.
gambar rumah minimalis atap tenda

Nah, informasi jenis jenis atap dan gambarnya di atas dapat Anda terapkan untuk rumah minimalis 1 lantai dan 2 lantai apapun tema rumah Anda. Untuk penggunaan bahan genteng dapat Anda simak dari postingan kami  yang lainnya di contoh model atap rumah minimalis 1 lantai

 
Back To Top