29 September 2017

Karya Denah Rumah Minimalis Type 45 Yang Ideal dan Nyaman

Karya denah rumah minimalis type 45 di bawah ini sangatlah cocok dijadikan sumber yang akurat untuk membuat penerapan tempat tinggal di tanah tak terlalu luas. Tapi meskipun begitu Anda perlu melalukan modifikasi sehingga tata ruang yang diharapkan sesuai dengan keinginan. Model denah rumah minimalis type 45 memang sangatlah cocok untuk keluarga modern yang dinamis serta yang memiliki gaya hidup simpel.

Untuk pembuatan denah rumah minimalis type 45 yang perlu diperhatikan adalah mengatur tata letak ruang yang ideal. Idealnya denah seperti apa ya? penataan denah rumah yang ideal harus memperhatikan beberapa unsur dalam denah rumah type 45 atapun type 36 karena kedua tipe tersebut hampir sama. Terkait dengan hal tersebut rasanya Anda perlu membaca informasi berikut agar dapat menambah wawasan tentang property.

Pengertian rumah type 45 adalah sebuah rumah yang mempunyai ukuran luas bangunan 45 meter persegi. Biasanya penulisan tipe 45 tersebut banyak kita jumpai pada brosur yang dibuat promosi rumah perumahan. Nah dengan perhitungan pada denah rumah type 45 berarti 6m x 7,5m = 45 m². Selain penulisan type rumahnya biasanya dibarengi dengan angka dibelakang, misalnya seperti ini rumah type 45/60 artinya luas bangunan 45m² lalu luas lahannya 60m².

Beberapa unsur denah rumah minimalis type 45 yang ideal

  • Menata ruang yang berhubungan antar ruangan: Untuk mewujudkan denah rumah minimalis type 45 yang baik dan nyaman, seharusnya Anda mempertimbangkan peletakan ruang antar ruang. Contohnya ruang tamu standarnya berdekatan dengan ruang keluarga karena ini merupakan area publik dan tepatnya peletakan berada di depan denah rumah type 45 tersebut.
  • Area hijau atau serapan air: Area hijau merupakan bagian denah rumah yang sangat penting untuk diperhatikan juga. Selain taman depan atau belakang rumah sebaiknya Anda menyisakan lahan untuk area hijau ini yang berfungsi untuk serapan air hujan.    
  • Pencahayaan alami dan ventilasi: Siapa bilang tidak perlu memikirkan pencahayaan alami yang datang dari sinar matahari. Dalam pengaturan denah rumah type 45 ini, Anda perlu menata ruang tidur yang memiliki jendela untuk menerima oksigen sehingga kamar atau ruangan tak lembab.
  • Kondisi ukuran lahan: Pertimbangan berikutnya ialah jika luas lahan yang Anda miliki sempit, lalu harapan mendesain denah rumah dengan 3 atau 4 kamar tidur pilihan lainnya adalah dengan cara membuat rumah minimalis 2 lantai. Sehingga kenyamanan tetap Anda peroleh meski anggaran yang Anda keluarkan juga tidak sedikit. 
  • Menyesuaikan dengan kepercayaan: Dengan berkonsultasi kepada ahlinya misal Anda seorang muslim, bagaimana penempatan denah mushola untuk rumah type 45 yang baik. Jika Anda mengharapkan tata ruang menurut fengshui tanyakan pada ahli bidang tersebut. 
  • Sesuaikan dengan jumlah lantai 1 atau 2 lantai: Idealnya untuk denah rumah minimalis type 45 1 lantai memiliki 2 kamar tidur agar ruang gerak tetap leluasa dan nyaman. Namun jika Anda berencana membangun atau renovasi rumah menjadi 2 lantai untuk denah lantai atas bisa dibuat 1 atau 2 kamar, ruang cuci dan tempat jemuran.

Denah Rumah Minimalis Type 45 Yang Ideal dan Nyaman

Dari beberapa desain denah rumah minimalis type 45 berikut, dapat Anda kembangkan untuk penyesuaian lahan yang dipunyai. Lihat saja dari contoh foto atau gambar-gambar sesuai tipe rumah ada yang type 45/125, type 45/80, dll.

Gambar denah rumah minimalis type 45/98

gambar denah rumah minimalis type 45/98
Gambar Denah rumah Type 45/98
Bisa melihat contoh denah rumah minimalis type 45/98 di atas merupakan tata ruang yang sederhana untuk 2 kamar tidur lalu kamar mandi dibuat ditengah-tengah antar kamar. Area hijau juga sangat bagus, peletakan jendela kamar yang mengarah ke ruang bukaan belakang rumah memungkinkan sirkulasi udara yang lancar.

Contoh denah rumah minimalis type 45/125

deain denah rumah minimalis type 45/125
Contoh denah rumah minimalis type 45/125

Denah yang kedua dengan area lahan yang berbeda yaitu berukuran 125m² namun tipe rumahnya masih sama. Area taman yang cukup luas dapat berfungsi untuk memperoleh oksigen jika tanaman ditata dengan baik. Serapan air hujan juga bisa memaksimal karena lahan luas, lalu pada bagian samping carport sengaja dibuat untuk taman depan yang berderet.

Ide denah rumah minimalis type 45 tanah miring

contoh denah rumah type 45 tanah miring
Denah rumah minimalis type 45 lahan miring

Jika Anda mempunyai kondisi lahan yang miring mak bisa mengambil ide seperti ini untuk denah rumah type 45 yang akan dibagun dengan model minimalis. Bagai para desainer, meski tanahnya miring tak menutup kemungkinan untuk menata ruangan satu antar ruangan yang lainnya tetap nyaman. Sebenarnya kalau lurus tanah tersebut luasnya sekitar 91m², jadi tipe rumahnya 45/91.

Gambar denah rumah minimalis type 45 3 dimensi

denah rumah type 45 3 dimensi
Contoh gambar 3 dimensi denah rumah type 45
Desain 3 dimensi untuk rumah type 45 di atas adalah 2 lantai, terlihat penataan denah rumah sangatlah baik. Anda juga dapat meminta denah rumah dengan view 3D dari hasil rendering jika Anda memesan gambar ke orang yang ahli dibidangnya, lihat konsep lain tentang denah rumah minimalis modern

Denah rumah minimalis type 45 pojok

ide denah rumah minimalis type 45 pojok
Model denah rumah minimalis type 45 pojok
Jika Anda mempunyai lahan di area pertigaan atau perempatan jalan, yang artinya rumah berada di pojokan maka sangatlah bagus karena Anda dapat mempunyai dua view dari fasade rumah. Jadi keistimewaan dari tanah dipojok memiliki dua muka rumah tampak depan dan muka samping.

Meskipun pada akhirnya membuat denah rumah minimalis type 45 tersebut tak Anda lakukan sendiri, namun perlunya wawasan untuk mendirikan hunian yang modern, ideal berstandar dan harus tetap terasa nyaman. Tipsnya untuk berkonsultasi pada jasa renovasi atau bangun rumah baru adalah karena banyaknya penyedia jasa maka perhatikan karya-karya yang sudah dia garap.

Lalu jika sudah cocok menentukan arsitek dan desain interiornya siapa maka silahkan menyodorkan keinginan Anda seperti apa. Referensi boleh mengambil dari website yang telah kami kelola ini. Selamat mencoba semoga bermanfaat.!

 
Back To Top