21 Agustus 2017

Contoh & Tips Memilih Warna Cat Ruang Tamu Sempit Agar Terlihat Luas

Lihat saja contoh gambar dan tips memilih warna cat ruang tamu sempit agar terlihat luas yang bisa Anda konsepkan untuk desain interior rumah minimalis. Lalu bagaimana caranya untuk mengkalai ruangan yang kecil agar terkesan lega? Selain pada pemakaian furniture minimalis, tata ruang, dan tekstur dinding sebaiknya Anda lebih memperhatikan kombinasi warna cat tembok-nya. Biasanya seseorang akan mewarnai ruang tamu dengan warna cat kesukaan dan hal ini selamanya tak harus diterapkan.

Kami akan menerapkan ilusi penglihatan dalam pemilihan warna cat ruang tamu dengan tujuan utama adalah menjadikan ruang sempit terlihat lega. Tipuan mata ini bisa Anda kembangkan dengan menempatkan aksesoris ruang tamu antara lain pemilihan kaca cermin untuk hiasan dinding, pemilihan warna sofa yang serasi dengan warna cat ruang tamu serta aksen dinding dengan warna cerah jika kombinasi cat lebih gelap.

Tips memilih warna cat ruang tamu sempit agar terkesan luas


  1. Warna cerah untuk ruang tamu kecil. Sebagai manipulasi pengelihatan mata disaat memandang sebuah ruangan sempit agar terlihat lebih luas adalah pemilihan warna cerah. Ya dengan mengguyurkan warna cat putih atau putih tulang serta paduan sofa dan karpet dengan warna yang lebih kontras bisa berkesan lega.
    warna cat ruang tamu
  2. Ruang tamu warna biru laut kombinasi. Siapa bilang kalau paduan warna cat gelap akan menghasilkan ruang tamu Anda menjadi semakin sempit. Coba kombinasikan beberapa pilihan cat dinding warna biru laut dengan kombinasi putih, hasilnya bisa membuat suasana ruangan tenang yang akan merubah suasana hati lebih santai.
    gambar warna cat ruang tamu
  3. Warna cat dinding merah menyala. Warna merah menyala melambangkan kehangatan, keberanian, dan semangat. Jadi Anda bisa coba untuk menjatuhkan pilihan merah menyala pada warna cat ruang tamu. Dengan cara ini akan menjadikan dinding ruang tamu lebih luas namun akses dinding tetap berkombinasi warna putih.
    warna cat ruang tamu merah
  4. Warna cat kuning pada ruang tamu. Sebenarnya warna putih saja tidak cukup memantulkan sinar matahari yang bisa menjadikan ruangan sempit terlihat luas. Maka dengan pilihan warna kuning akan memberikan efek luas dengan bantuan cahaya matahari.
    contoh warna cat ruang tamu kuning
  5. Cat dinding ruang tamu warna krem. Warna krem juga bisa Anda aplikasikan sebagai kombinasi dari warna cat untuk ruang tamu agar terkesan luas meski sebenarnya sempit. Jika budget lebih, trik penataan ruang tamu sempit kelihatan luas sebaiknya Anda percayakan pada jasa desain interior.
    desain interior warna cat ruang tamu krem
  6. Pemilihan warna cat ruang tamu hijau lemon. Warna alami dan kesan lega akan terpancar dari pewarnaan dinding ruang tamu Anda dengan warna hijau lemon. Apalagi untuk daerah topis seperti di Indonesia menjadikan ruangan yang cocok.
    ide warna cat ruang tamu hijau lemon
  7. Ruang tamu warna ungu. Pilihan ungu dapat dicoba sebagai desain interior ruang tamu yang cantik lalu untuk warna cat tembok agar terkesan luas maka perhatikan perpaduan warna cat dengan warna putih. Selain warna kombinasinya Anda juga bisa menerapkan penggunaan tekstur batu alam cerah.
    kombinasi warna cat ruang tamu ungu 
  8. Interior ruang tamu warna abu-abu. Warna netral selain putih adalah abu-abu, karena pe nggunan warna cat yang netral ini sangat bagus untuk ruang tamu sempit. Selain dapat memantulkan cahaya juga dapat diartikan sesuai psikologi warna adalah keseriusan, tanggung jawab dan lembut.
    warna cat ruang tamu abu abu
  9. Penerapan warna cat ruang tamu 2 warna. Desain interiror rumah dengan konsep dua warna ini dapat Anda sematkan ke ruang tamu rumah minimalis Anda juga loh. Hanya permainan 2 warna cat saja akan memberikan kesan ruangan terasa luas namun tetap memperhatikan perpaduan warnanya.
    warna cat ruang tamu 2 warna atas bawah
  10. Warna cat ruang tamu menurut feng shui. Warna bisa diartikan menurut apa saja karena memang definisi warna sangat luas, kami akan mengelompokkan penggunan warna cat menurut feng shui. Selain etnis Cina tak sedikit orang yang mempercayai energi feng shui untuk rumah.
    warna cat ruang tamu menurut feng shui
Jika memang ruang tamu ini akan menjadikan fokus utama dalam cat rumah minimalis yang Anda punya. Maka untuk menata ruang tamu berukuran kecil sebaiknya Anda selalu memperhatikan penempatkan perabotan ruang tamu. Selain meja kursi pada ruang tamu biasanya terdapat juga hiasan pot bunga. Dan jika Anda menggunakan rak untuk ruang tamu yang mungil sebaiknya cukup meletakkan satu rak bunga saja yang berbentuk vertikal. Hindari juga penggunaan skat dinding pada ruang tamu gunakan saja partisi ruangan jika menghendaki pemisahan ruangan.

Nah, pada intinya untuk memilih warna cat ruang tamu agar kelihatan luas gunakanlah kombinasi warna cat cerah dan sedikit warna cat gelap. Jika tanpa kombinasi pakailah warna lembut dan hindari penggunaan warna hitam karena ruangan akan terkesan sempit dan pengap. Silahkan memakai perabotan yang sifatnya multifungsi bukan hanya hiasan rumah pemanis ruang tamu saja. Misalnya untuk hiasan dinding ruang tamu boleh Anda gunakan hiasan penempat buku. Multifungsi dan efisien kan?

Seperti itulah tips-tips yang bisa membantu Anda untuk penentu warna cat dinding ruang tamu. Meskipun area ruang tamu kecil akan memberikan efek ilusi yang bernuansa besar dan luas jika pemiliknya secara cerdas dalam mendesain tata ruang tamu tersebut. Biasanya biaya-lah yang akan menjadi kendala untuk mewujudkan rumah idaman yang nyaman. Tenang saja Anda bisa merenovasi secara bertahap dengan membelanjakan uang Anda untuk perabotan dengan sistem kredit di toko online.

 
Back To Top