7 September 2017

110+ Desain Rumah Minimalis Modern, Yakin Konsep Smart Home?

Kalau membahas tentang desain rumah minimalis modern maka memerlukan beberapa acuan untuk mewujudkan hunian idaman yang mengarah pada trend masakini dan juga perkembangan teknologi. Tak perlu melulu pada trend model rumah minimalis saja namun sebaiknya Anda memperhatikan konsepnya yang akan kami bagian di website RumahMinimalisIde ini.

Sejak abad ke-20 perkembangan rumah minimalis semakin pesat, karena itu merupakan evolusi dari desain rumah terdahulu. Memang dulunya penggunaan material bahan bangunan secara berlebihan untuk membangun sebuah rumah. Dengan keterbatasan sumber daya yang ada sekarang ini, sehingga trend desain rumah terbaru dengan arsitektur minimalis mampu mengatasi hal tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa penekanan pada fungsi dan bahan bangunan serta pemakaian ornamen lebih minim dengan demikian akan menghasilkan bentuk rumah minimalis. Jadi biaya bangun rumah minimalis juga tidak perlu semahal rumah jaman dulu. Dengan hadirrnya desain minimalis, untuk rumah modern saat ini tidak memerlukan hiasan atau aksesoris yang kurang berfungsi.
desain rumah minimalis modern kontemporer

Ciri-Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Modern

Jika Anda masih belum paham tentang ciri desain rumah minimalis modern maka kami akan menjelaskan karakteristik bangunan tersebut. Aspek berikut ini bisa memperkuat pemahaman kita mengenai pengertian arsitektur minimalis.

Berbentuk tertentu dan fungsional

Ciri rumah minimalis modern yang paling mendasar adalah lebih mengutamakan fungsi bangunan bukan bentuknya. Maksudnya gaya arsitekur modern telah meninggalkan gaya bangunan lama dengan bentuk yang memiliki filosofi. Dari semua bentuk yang dibuat pasti memiliki tujuan dan alasan tertentu maka nilai estetika berada diurutan terakhir.

Less is more arsitektur (Kesederhanaan)

Dengan desain yang semakin sederhana maka nilai dari suatu rumah modern semakin bertambah. Dengan kesan bangunan yang minimalis sehingga dapat menciptakan kesan kesederhanaan bernuansa modern.

Tak ada ornamen

Desain rumah minimalis modern akan meniadakan ornamen yang memang tidak ada fungsi. Sehingga kita tidak akan menjumpai pada gaya rumah modern untuk ornamen lama yang biasanya menghiasi dinding dan fasad rumah model klasik.

Gaya arsitektur yang seragam

Karena mempunyai model yang seragam kita tidak bisa mengenali ciri khusus dari desainer satu dan desainer lainnya. Bentuk sama yang tercipta dari model dasar dari massa suatu benda menjadikan rumah modern terlihat senada.

Konsep kosong

Artinya desain dibuat dengan kesan polos, simpel serta tidak memiliki bentuk ukir-ukiran yang terlalu rumit. Konsep kosong tersebut lebih memilih penempatan bidang kaca yang dibuat lebih tinggi sehingga menjadikan ruang lebih lega, kalau penerapannya di dalam ruangan.

Bentuk geometris dan tegas

Bentuk geometris sering kali ditonjolkan pada desain rumah minimalis modern bukanlah bentuk-bentuk abstrak yang tidak jelas. Menjadikan ciri khas bangunan modern lebih tegas karena pemilihan bentuk geometris tersebut.

Kejujuran bahan

Di rumah atau bangunan minimalis modern, jenis material bahan bangunan diperlihatkan secara polos apa adanya. Tidak menghilangkan karakteristik asli material karena memang bahan tidak ditutup-tutupi atau dikamuflase sedemikian rupa.

Tips Membuat Desain Rumah Minimalis Modern Konsep Smart Home

Jika belum yakin akan menerapkan konsep smart home, Anda bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini sebelum membangun atau membeli rumah minimalis modern.
konsep smart home untuk desain rumah minimalis modern

1. Faktor efisien dan ekonomis

Anda mengindamkan hunian dengan sistem canggih untuk mengontrol segala aktifitas seperti membersihkan, menjaga, dan mengerjakan pekerjaan rumah lebih mudah, cepat dan praktis. Memang hal tersebut jauh lebih efisien jika Anda memperkerjakan orang untuk mengerjakannya.

Namun Anda harus mempertimbangkan budget yang besar untuk merancang bangun jaringan sistem otomatis tersebut.

Selain hal itu, sistem tersebut membutuhkan perawatan secara berkelanjutan. Nah, biaya inilah yang harus Anda anggarakan untuk pengecekan serta perawatan "Smart Home sistem" termasuk hardware dan softwarenya.

2. Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya Anda menganalisa apa kebutuhan Anda sendiri serta anggota keluarga yang lain. Meski ingin menyematkan sebuah tenkologi pengontrol segala kegiatan di dalam dan luar rumah. Anda bisa mengurangi pada sistem keamanan rumah dengan penempatan "CCTV Smart" jika di rumah Anda sudah ada seorang satpam penjaga.

Kurangi penempatan sistem pengendali AC ototamtis jika rumah modern Anda berada di daerah yang bersuhu dingin karena peranan ini bisa diganti secara manual. Sehingga dapat menekan budget yang harus Anda keluarkan untuk membangun rumah pintar.

3. Menentukan Jaringan Pengontrol

Menentukan jaringan pengontrol rumah pintar Anda merupakan point penting karena akan berpengaruh pada desain rumah, secara umum para ahli menerapkan 4 jenis jaringan berikut:

  • Sistem dengan kabel yang terstruktur (Structured wiring) 
  • Jaringan WiFi (Wireless networks)
  • Power line network 
  • Sistem jaringan kabel telepon (Phone line networks)

101+ Contoh Gambar Desain Rumah Minimalis Modern untuk Smart Home

Didukung sistem pengendali ototmatis maka untuk desain rumah minimalis modern tidaklah jauh berbeda dengan desain bangunan minimalis pada umumnya. Berikut contoh gambar yang bisa Anda kombinasikan untuk menciptakan rumah idaman yang futuristik, kontemporer, sederhana.

#1. Gambar Rumah Minimalis Modern 1 Lantai

contoh rumah sederhana terbaru

tampak depan rumah minimalis 2 lantai lebar 6 meter


rumah minimalis type 36 1 lantai


bentuk rumah sederhana di kampung

rumah minimalis 2 lantai ukuran 6x9

rumah minimalis 2 lantai ukuran 6x9

gambar rumah minimalis sederhana

#2. Gambar Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter

photo rumah kayu minimalis modern






rumah minimalis sederhana type 36



rumah minimalis tampak depan






rumah minimalis 2 lantai 2017





rumah 2 lantai mungil

gambar rumah minimalis 2 lantai







model rumah sederhana tapi indah





model rumah sederhana tapi kelihatan mewah



gambar rumah sederhana di desa





denah rumah mewah 2 lantai modern dengan kolam renang


desain rumah sederhana tapi modern 2 lantai


rumah sederhana tapi mewah 2 lantai





desain rumah mewah minimalis modern 2 lantai









gambar rumah mewah 2 lantai terbaru





photo rumah minimalis modern

rumah mewah minimalis modern 2 lantai futuristik


rumah mewah minimalis modern 2 lantai eropa


desain rumah mewah minimalis modern 2 lantai


denah rumah minimalis 4 kamar tidur


konsep rumah minimalis modern 1 lantai

ide desain rumah minimalis modern 1 lantai


macam macam rumah tampak depan




tampak depan rumah minimalis 2 lantai batu alam

aneka rumah minimalis modern tampak depan





tampak depan rumah minimalis 2 lantai



desain rumah tampak depan modern tropis

rumah minimalis tampak depan dengan batu alam

rumah minimalis sederhana type 45



perumahan minimalis 2 lantai modern




desain rumah minimalis 2 lantai modern

xiaomi smart home kit indonesia

Gaya rumah minimalis modern yang futuristik sangatlah cocok untuk penerapan smart house. Dan cara membuat smart home di era digital saat ini sangatlah mudah. Kita dapat mengkombinasikan sensor gerakan yang tersedia dari produk "Xiaomi Smart Home kit Indonesia". Banyak tersedia di toko online besar seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dengan penawaran harga yang patut dipertimbangkan. Sekian semoga menginspirasi! 

 
Back To Top