9 September 2017

Konsep Desain Rumah Minimalis Trend untuk Kalangan Milenia

Seperti yang kita tahu, konsep rumah minimalis memang sudah menjadi trend saat ini. Terlebih buat mereka yang berjiwa muda, tema minimalis begitu digandrungi. Dengan realita tersebut, tak heran jika banyak pakar yang mengatakan kalau desain rumah minimalis akan terus menjadi tren bahkan hingga beberapa tahun kedepan.

Rumah-rumah dengan konsep atau desain rumah minimalis ini banyak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Dan tentunya tak hanya di perkotaan besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang dan kota lainya juga di hampir seluruh pelosok negeri ini.

Dan sepertinya, semakin kesini trend desain minimalis, bukan hanya berlaku untuk rumah tinggal saja namun kantor, apartemen, villa, ruko, bangunan sekolah dan bahkan pabrik pun banyak yang menerapkan konsep tersebut. Konsep ini banyak dipilih karena selain nyaman dilihat, juga lebih hemat jika dilihat dari sisi biaya pembangunan maupun luas tanah yang dipakai.
desain rumah minimalis modern 2 lantai tampak depan

Desain Rumah Minimalis, Trend Kalangan Milenia 

Pasti semuanya setuju jika mereka generasi milenia sangat menyukai hal yang simpel, instan dan minimalis. Jadi tak heran jika dalam hal rumah pun, konsep simpel atau minimalis menjadi pertimbangan. Dan seringkali konsep minimalis yang diterapkan tidak monoton, karena faktanya banyak kita lihat rumah yang menggunakan konsep klasik namun dengan perpaduan / sentuhan minimalis di sana sini.

Seperti konsep dasarnya, desain rumah minimalis memilih bentuk dasar yang bisa dibilang sangat simpel, yaitu hanya berupa kotak sederhana. Bentuk dasar tersebut bisa terdiri atas 1 buah kotak maupun beberapa kotak yang digabung dan dikomposisikan dengan sederhana tapi elegan.

Namun dalam pengembangannya bentuk dasar kotak tersebut bisa ditambahkan atau dikurangi yang biasanya dimanfaatkan sebagai elemen bangunan misalnya jendela, ventilasi, pintu, teras, kusen dan lain-lain. Konsep desain rumah minimalis tak hanya terwujud pada pemilihan bentuk massa suatu benda saja (bulat, kotak, kubus).

Tapi untuk mendesain rumah minimalis seharusnya juga terwujud dalam konsep penataan ruangnya. Rumah dengan gaya minimalis biasanya mempunyai penataan ruang yang sederhana dan terbuka tanpa banyak partisi. Partisi ruangan hanya digunakan pada ruang-ruang yang membutuhkan privasi seperti ruang tidur, kamar mandi dan sebagainya.

Penataan ruang yang terbuka pada desain rumah minimalis dapat menghubungkan ruang antar ruang menjadi seolah mengalir tanpa pembatas yang tidak berfungsi. Pemakaian perabot atau furniture juga seminimal mungkin dengan desain yang sederhana. Dengan demikian kesan ruang pada rumah minimalis menjadi lebih luas dan lenggang.

Pilihan akan bahan material dan proses finishing pada desain rumah minimalis juga harus diperhatikan betul-betul. Untuk memilih akan bahan material dan finishing tersebut idealnya juga mempertimbangkan segi pemeliharaan. Pastinya pilihlah bahan material yang awet dan tahan lama meski harga agak mahalan.

Tembok-tembok polos tanpa ornamen atau hiasan menjadi salah satu ciri khas desain rumah minimalis. Pemilihan warna cerah yang senada dengan aksentuasi warna mencolok juga dapat diterapkan untuk rumah minimalis Anda.

Desain Interior Rumah Minimalis 

Memang dibutuhkan kecermatan khusus terkait desain interior rumah dengan gaya minimalis. Dan berbicara mengenai desain interior rumah minimalis, pastinya akan berhubungan dengan pemilihan gaya interior, material dan furniture sehingga rumah minimalis terasa lega, tidak seperti kapal pecah dan sumpek.
desain interior rumah minimalis modern
Tentunya anda harus menentukan desain interior rumah minimalis seperti apa yang cocok dengan keinginan. Jika tidak memiliki gambaran, anda dapat melihat contoh-contoh gambar di internet atau menyewa jasa desain interior. Namun jika budget Anda terbatas lihat selengkapnya di desain interior rumah minimalis dengan biaya murah.

Pemilihan warna cat rumah juga sangat penting, konsep minimalis biasanya menggunakan warna-warna pastel seperti coklat muda, krem, abu-abu tetapi ada juga yang mengunakan warna cerah, semua itu tergantung selera dan konsep yang akan anda terapkan.

Satu hal yang wajib anda ketahui, jangan pernah mewarnai plafond anda dengan warna cat yang lebih gelap dari dinding rumah anda. Hal ini akan memberi efek suram pada plafond, sehingga kesannya ruangan menjadi sempit dan pengap.

Nah, jika ingin terlihat tampak luas, penggunaan kaca cermin juga yang besar di tengah-tengah ruangan bisa memberi efek lapang pada ruangan tersebut. Peletakan cermin bisa dibelakang sofa dan usahakan memenuhi bidang tembok yang kosong, atau bisa juga di taruh pada depan pintu masuk.

Selanjutnya pemilihan furniture juga sangat penting, anda bisa memilih furniture yang fungsional. Memiliki fungsi ganda, sangat berguna jika rumah yang anda tempati sangat kecil. Suhu ruangan juga berpengaruh akan pemilihan bahan dan material furniture yang akan anda gunakan. Misalnya ruangan anda panas, sebaiknya anda banyak menggunakan elemen kaca, besi, batu alam dan aluminium, jika sebaliknya maka idealnya menggunakan kayu agar terasa hangat.

Tampilan rumah minimalis mempunyai beberapa ciri khas. Mulai tentang warna cat, bentuk pintu, jendela, profil tembok dan material bangunan. Berikut ini adalah tampilan rumah minimalis tampak depan yang bisa Anda tiru.
gambar rumah minimalis tampak depan
Desainnya yang sederhana namun tetap cantik sehingga desain rumah minimalis sangat banyak diminati saat ini. Merancang bagian depan rumah minimalis sangatlah mudah ada beberapa aspek yang harus anda perhatikan.

Penggunaan cat rumah sebaiknya memakai kombinasi maksimal 3 warna cat. Bisa abu-abu, hitam dan merah. Sehingga perpaduan warna tidak terlalu banyak dan akan menimbulkan kesan elegan.
desain rumah minimalis 2 lantai futuristik
Pemanfaatan batu alam untuk dinding bagian dalam rumah menambah kesan natural, pemilihan tanaman seperti bambu juga akan mempercantik tampilan rumah. Pencahayaan yang tidak terlalu terang akan menimbulkan kesan hangat dan elegan, namun kembali lagi pada selera anda.

Penentuan model pintu dan jendela juga sangatlah sederhana maka digunakan bahan kayu dengan tambahan aksen kotak-kotak minimalis. Sebaiknya untuk pintu garasi menggunakan sliding door untuk menghemat ruang.

Desain Rumah Minimalis Modern 

Saat ini para pengembang banyak menganut gaya desain rumah minimalis modern. Desain rumah minimalis modern banyak menggunakan elemen kayu, besi, galvalum, kaca, batu alam dan aluminium. Kesan yang ditampilkan juga lebih elegan dengan warna-warna gelap seperti abu-abu tua, hitam dan krem.

Pemilihan desain, bahan dan material furniture seharusnya lebih spesifik. Penggunaan bahan besi, kaca, batu alam dan aluminium memberi kesan rumah modern dan elegan. Pemakaian bahan bangunan tersebut juga membantu dalam menyejukkan suhu ruangan.

Penambahan kolam air mancur, kolam ikan atau kolam renang kecil disamping bangunan utama juga dapat memberikan efek tenang di rumah berdesain minimalis modern.

Desain rumah minimalis modern banyak yang mengusung konsep ramah lingkungan (eco-green), hemat energi sampai dengan rumah pintar (smart home). Konsep-konsep tersebut bertujuan untuk berhemat dalam menggunakan sumber daya yang ramah lingkungan.

Hal ini terlihat dari desain jendela yang besar dan bukaan-bukaan yang besar untuk memaksimalkan cahaya masuk dan pertukaran udara menjadi lancar. Dengan begitu maka penggunaan listrik, dan pendingin ruangan dapat dikurangi.

Penggunaan solar panel mulai banyak diterapkan pada desain rumah minimalis modern. Selain menjadi sumber tenaga listrik, solar panel juga bisa berfungsi sebagai peneduh jika diletakan di atas carport atau taman belakang rumah.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 

Terbatasnya lahan yang ada, serta alasan harga bahan bangunan yang sangat tinggi membuat banyak orang lebih tertarik membuat bagunan rumah dengan menerapkan desain minimalis 2 lantai. Selain itu, alasan lainnya adalah, dengan sempitnya lahan serta rumah 1 lantai mungil tidak akan cukup memenuhi kebutuhan satu keluarga.
Nah, kalau seperti gambar diatas, sebenarnya bukanlah arsitektur rumah minimalis 2 lantai, namun gambar diatas merupakan desain rumah minimalis 1 lantai dengan penambahan tempat tapi tidak menambahkan jumlah lantai, desain tersebut istilahnya adalah Mezzanine.

Anda dapat mensiasatinya dengan memanfaatkan kelebihan tinggi plafon dengan menambahkan lantai baru dan memasang tangga. Dengan demikian rumah anda menjadi tampak seperti 2 lantai. Ide yang menarik bukan? Namun jika anda benar-benar mengharapkan rumah minimalis tingkat 2, sebaiknya analisa dulu apakah kebutuhan ruang memang harus ditambahkan.

Kelebihan memiliki desain rumah minimalis 2 lantai jika dibandingkan dengan desain rumah minimalis 1 lantai tentunya jumlah ruangan, kamar dan ruang gerak yang lebih bebas. Selain itu terkait aspek estetika tentunya tidak terabaikan karena anda lebih leluasa dalam mengatur segala hal.

Nah, berikut ini telah kami rangkum beberapa contoh gambar rumah minimalis 2 lantai. Karena RAB yang harus anda keluarkan tidaklah sedikit maka referensi terutama pada model bangunan minimalis berikut setidaknya memberi gambaran.
desain-rumah-minimalis-2-lantai-type-60.jpg

31.jpg

Kelebihan dan Kekurangan Desain Rumah Minimalis 

Kita sudah membahas mengenai konsep desain rumah minimalis, ide-ide dan tips. Selanjutnya kita akan mengupas terkait kelebihan dari desain rumah minimalis. Penasaran ya? silahkan disimak.

Kelebihan Desain Rumah Minimalis 

Ada beberapa kelebihan jika anda memilih konsep desain rumah minimalis, atau membeli rumah dengan desain minimalis.

1. Hemat 
Kenaikan harga pokok bahan bangunan yang kian tinggi, menjadi salah satu alasan banyak orang memilih desain rumah minimalis sebagai pilihan hunianya. Toh, desain rumah minimalis tidak membutuhkan banyak ornamen-ornamen.

Dibangun dengan luas tanah yang sempit, maka bangunanya pun akan mengikuti luas tanah yang kecil. Dengan demikian anda bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Bahkan ada sebagian desain rumah minimalis tidak menggunakan cat pada tembok-tembok rumahnya. Menonjolkan material batu bata sehingga tampilan rumah lebih natural dengan finishing sederhana. Gimana lebih irit lagi kan?

2. Sesuai Kebutuhan
Pada umumnya ruangan-ruangan yang ada pada desain rumah minimalis didesain sesuai dengan kebutuhan pemiliknya sehingga tidak diperlukan penambahan ruang lagi. Tak banyak membuat ruangan yang bersifat skunder seperti ruang baca, ruang kerja, ruang bermain anak. Namun tetap memperhatikan pengalihan ruang sekunder tersebut.

3. Pemilihan Furniture 
Karena konsepnya minimalis, tentunya pemilihan furniture juga harus mengikuti konsepnya. Anda tidak membutuhkan furniture yang mewah dan mahal. Anda hanya membutuhkan furniture yang fungsional atau membuat sesuai kemauan anda.

Fungsional disini maksudnya, memiliki fungsi ganda. Misalnya memanfaatkan tangga dengan membenamkan laci pada anak tangga, menambahkan laci minimalis dibawah tempat tidur dan sebagainya.

Saat ini banyak toko furniture yang berbasis online, memudahkan anda dalam memilih jenis-jenis furniture yang anda butuhkan. Menghemat juga kan, anda tidak perlu keluar rumah hanya bermodal smartphone maupun laptop saja. Harga beli furniture online pun lebih bervariasi, anda bisa membandingkan seller satu dengan lainnya baik furniture bekas atau baru.

4. Mudah Dibersihkan 
Luas bangunan yang kecil, akan menguntungkan bagi anda. Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan rumah anda. Apalagi jika hari libur, tentunya anda ingin bersantai tanpa dipusingkan urusan bersih-bersih.

Barang-barang di rumah minimalis tentu saja tidak sebanyak di rumah mewah yang penuh aksesoris. Karena luas nya yang terbatas, memudahkan pembersihan tanpa pusing dengan barang-barang yang banyak dan berserakan.

5. Mengundang Perhatian 
Banyak desain rumah minimalis yang menarik, futuristik dan artistik. Hal ini akan mencuri perhatian orang banyak, entah itu saudara, tetangga atau orang yang lewat di depan rumah anda.

Bahkan arsitektur desain rumah anda bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk orang yang melihatnya. So, siap-siap ya banyak orang yang berkunjung ke rumah atau sekedar mengabadikan foto rumah minimalis anda.

6. Obat Stress 
Kaum urban khususnya sudah sangat akrab dengan beban pekerjaan dan kemacetan lalu lintas yang memicu stress. Desain rumah minimalis yang menarik dan tata letak perabot yang baik akan menjadi obat stress setelah seharian beraktifitas.

Sangat penting menerapkan konsep desain rumah minimalis sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Sehingga akan membawa dampak yang positif seperti pribahasa “rumahku istanaku”.

7. Nilai Jual 
Desain rumah minimalis sedang digandrungi saat ini. Jika melihat 5-10 tahun lagi masih prospeknya tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan desain rumah konvensional.

Jaman semakin maju, bisa dipastikan desain rumah minimalis akan mempunyai nilai jual yang baik. Orang-orang akan lebih memilih sesuatu yang lebih simpel, praktis dan ekonomis.

Kelemahan Desain Rumah Minimalis 

Nah, setelah sebelumnya membahas terkait kelebihan desain rumah minimalis, maka tak ada salahnya, jika membahas sisi kelemahannya.

1. Untuk Keluarga Kecil 
Dengan luas tanah rata-rata 70-100 m², tentunya ruang gerak penghuni akan terbatas. Jika anda memiliki anggota keluarga yang banyak, tentunya desain rumah minimalis tidak akan cocok untuk anda.

Karena lahan sempit, akan menyulitkan anda untuk menambah ruang baru di rumah. Memang rumah minimalis ini cocok untuk pasangan yang baru menikah dan memiliki anak 1-2 orang.

2. Pembagian Ruangan 
Anda pasti akan menemukan kesulitan untuk membagi ruangan menurut fungsi dan peruntukannya karena luas bangunan yang sangat kecil. Dalam hal ini anda benar-benar harus berhati-hati, sebaiknya anda menyewa jasa konsultan desain rumah agar anda tidak keliru.

Jika anda salah dalam mengaturnya, akan terlihat sempit, sesak dan tidak nyaman untuk anda. Dan membuat anda tidak nyaman berlama-lama berada didalam rumah.

3. Pemilihan Furniture 
Anda tidak dapat sembarangan membeli furniture karena murah saja. Anda harus mempertimbangkan ukuran dan fungsi dari furniture yang hendak anda letakan di rumah anda.

Ukuran dan fungsi menjadi faktor utama, bukan hanya sekedar suka. Pemilihan furniture yang salah akan berdampak buruk loh. Rumah akan terlihat sesak dan penuh, sehingga aktifitas anda bisa terhalang oleh ukuran furniture yang tidak tepat.

4. Tidak Dapat Menampung Orang Banyak 
Berkumpul bersama keluarga besar pada saat hari raya dan momen spesial merupakan dambaan banyak orang. Sayangnya impian anda harus pupus jika anda memiliki rumah dengan desain minimalis yang kecil.

Rumah minimalis memiliki keterbatasan kapasitas. Bukanya bersenang-senang malah menjadi tidak nyaman dikarenakan kelebihan kapasitas. Belum lagi anda juga bisa mendapat cibiran dari tetangga di sekitar anda jika berada di pedesaan atau perumahan padat penduduk.

5. Membosankan
Salah satu kelemahan yang bisa dikatakan kelemahan utama adalah membosankan. Dengan luas bangunan yang kecil, anda tentunya tidak bisa leluasa mengatur ulang letak perabot dan furniture anda.

Bagi sebagian orang bisa menjadi sangat membosankan, menatap pemandangan yang sama setiap hari. Merombak letak perabot dan furniture bisa membuat rumah tidak enak dipandang dan mengganggu aktifitas anda.

Baiklah, kita sudah membahas mengenai ide seputar desain rumah minimalis, rancangan rumah minimalis modern, gambar rumah minimalis 2 lantai, tips-tips, kelebihan dan kelemahan rumah minimalis dan sebagainya.

Secara garis besar konsep desain rumah minimalis sangatlah luas. Terdapat ratusan jenis-jenis model rumah minimalis yang bisa menjadi referensi yang menginspirasi anda didalam mendesain hunian idaman anda dalam website ini.

Saat ini sudah banyak sumber-sumber informasi mengenai desain rumah minimalis di majalah desain, blog dan sebagainya. Carilah informasi sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah, itulah artikel mengenai tips, ide dan fakta-fakta tentang rumah minimalis yang bisa ditiru dan terapkan di hunian yang Anda impikan.

 
Back To Top