5 Februari 2018

Oh Ini, Jenis Atap Rumah Yang Tidak Panas Pas di Model Minimalis

Inilah jenis atap rumah yang tidak panas cocok untuk model rumah minimalis atau sederhana. Kami akan menjelaskan bahan dan juga model-model atap yang baik untuk kondisi iklim tropis di Indonesia. Karena sangat berpengaruh sekali dengan meterial yang akan digunakan pada jenis atap rumah maka dari bahan-bahan berikut ini semoga memberikan gambaran kepada Anda.

Material Atap Rumah Yang Dingin

Bahan Tanah Liat

Dari material atap rumah dari tanah yang pertama ini sudah banyak digunakan pada zaman Neolitikum yang dimulai dari Timur Tengah. Lalu pada peradapatan arsitektur zaman dulu telah berkembang pesat ke Asia dan Eropa. Dari situ standar penggunaan atap rumah dengan genteng tanah liat telah dimulai. Karena genteng tanah liat ini memiliki kelebihan tahan terhadap api, cuaca dingin, dan tahan panas terik matahari.

Material Aspal

Bahan atap ini dengan campuran aspal, fiberglass dengan tambahan bahan kimia lainnya. Dengan teknologi pembuatan yang lebih maju daripada genteng. Sehingga bahan atap tersebut sudah dilapisi bahan anti jamur dan tahan dengan kepudaran warna. Pilihan warna pun sangat bervariatif sehingga dapat menghasilkan tampilan atap rumah lebih modern. Penggunaan atap rumah dengan material aspal ini biasanya dipakai pada daerah yang tingkat bencana alam tinggi. Bisa dikategorikan sebagai jenis bahan atap rumah yang sejuk.

Material Keramik

Meskipun bahan dasarnya dari tanah liat tapi genteng keramik merupakan jenis genteng yang memiliki keindahan yang memukau. Karena kilau dari bahan ini mengadopsi pewarna glazur keramik maka akan menghasilkan efek kemilau kaca yang cukup baik sehingga memantulkan panas. Namun memiki kelemahan dari harga yang relatif lebih mahal genteng tanah liat biasa. Salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan jika mengharapkan hunian yang adem, atau ingin mengharapkan rumah yang tidak panas.

Material Beton

Jenis atap yang menggunakan bahan baku campuran semen pasir dan bahan penguat lainnya ini bisa dikatakan sebagai atap terbaik. Dapat dilihat dari keawetannnya, tahan terhadap cuaca panas dan dingin, terbilang kuat jika terjadi kebakaran. Atap beton ini biasanya diistilahkan dengan atap beton bertulang karena memang kontruksinya memakai besi ram. Apalagi Anda berencana membuat rumah denga sistem rumah tumbuh, atap cor akan memberikan Anda piliha terbaik. Dengan pengerjaan yang bertahap atap beton yang lebih umum disebut atap dak ini memberikan keteduhan disaat panas dan hujan.

Jenis Atap Rumah Yang Tidak Panas Pas di Model Minimalis

Setelah Anda membaca informasi tentang bahan atau material yang digunakan pada atap rumah. Serta memahami kelebihan dan kekurangan dari jenis atap berikut ini maka Anda bisa menetukan model atap rumah yang mana yang akan digunakan.

1. Jenis Atap Limas atau Perisai

Pada urutan awal berikut ini yaitu atap rumah dengan bentuk limasan atau atap perisai. Karena bentuknya yang menyerupai perisai ini mampu memberikan area plafon dari atap menjadi lebih tinggi. Jadi semakin tinggi bentuk atapnya maka suhu di dalam rumah tidak panas. Dengan demikian penggunaan AC atau pendingin ruangan bisa dibatasi sehingga pengeluaran biaya listrik dapat ditekan.

2. Jenis Atap Rumah Model Tenda

Jenis atap rumah yang kedua adalah dengan model tenda, karena bentuk yang mirip dengan tenda maka lebih gampang untuk mengingatnya sebagai atap tenda. Atap jenis ini juga sangat baik, dengan konatruksi yang lebih simpel dari model perisai maka itu bisa diaplikasikan kedalam rumah minimalis. Guna mewujudkan rumah yang terasa adem maka Anda bisa mencoba untuk menerapkan ini pada hunian yang dimiliki atau akan dibangun.

3. Jenis Atap Rumah Joglo

Yang diusung dari arsitektur atap rumah tradisional tersebut bisa dikelompkan kedalam jenis atap rumah yang tidak panas. Karena memiliki bentuk atap yang relatif tinggi maka atap jenis ini dapat memberikan ruang plafon yang lebih tinggi. Menjadikan tampilan rumah lebih unik sih, namun letak kekurangannya terletak dari guyuran air hujan. Jika pemasangan genteng kurang bagus bisa-bisa menyebabkan kebocoran, solusinya penggunaan pelapis anti bocor.

4. Jenis Atap Rumah Datar

Bagaimana dengan jenis atap datar ya? bisanya atap datar tersebut menggunakan bahan beton cor yang memberikan ketahanan yang lebih lama. Tapi kekeurangan dari atap jenis ini jika umur sudah terlalu lama kemungkinana besar akan timbul jamur. Sekarang atap datar banyak kita jumpai pada bagunan modern kontemporer. Karena bentuk atap yang cenderung lebih simpel sehingga sangat cocok untuk rumah minimalis modern.

5. Jenis Atap Pelana

Atap pelana ini banyak kita jumpai pada rumah minimalis, karena memiliki bentuk seperti pelana kuda. Karena memiliki sudut kemiringan antara 30-40 derajat maka atap jenis pelana mampu meredam panas terik matahari. Kontruksi yang digunakan pada atap pelana tergolong simpel tidak membutuhkan kerumitan.
Demikian informasi jenis atap atau model atap rumah yang tidak panas dan tahap terhadap iklim tropis di Asia. Cukup sekian yang dapat kami berikan untuk info lebih lanjut tentang jenis atap rumah yang lengkap dengan gambarnya dapat Anda lihat disini

 
Back To Top