14 September 2017

INILAH.! Konsep Sederhana untuk Denah Rumah Minimalis Modern

Denah rumah minimalis modern memang banyak dicari pada 2017 sampai 2018 dan tentunya tahun berikutnya, apalagi Anda termasuk seorang desainer atau darfter AutoCAD, Google Sketch Up, 3D MAX atau praktisi software desain rumah yang lainnya. Selain itu, untuk masyarakat umum yang berjiwa modern juga memerlukan inspirasi dalam pembuatan denah rumah minimalis.

Semakin kesini trend desain rumah minimalis modern banyak digemari oleh semua kalangan bahkan sampai lintas generasi. Maka dari itu denah rumah merupakan langkah awal dalam mewujudkan hunian modern dengan lahan sempit ataupun di lahan luas. Dengan mahalnya harga tanah dan penggunan material bahan bangunan yang lebih ekonomis maka membangun rumah minimalis merupakan ide yang cemerlang.

Memang sih pada akhirnya Anda akan mempercayakan semua itu pada tim ahli mendesain dan membangun rumah namun setidaknya Anda mengetahui beberapa konsep yang harus dipertimbangkan untuk membuat denah rumah minimalis modern. Agar harapan yang sesuai bisa anda dapatkan setelah mendirikan bangunan rumah minimalis tersebut. Apa saja ya?

Konsep Sederhana Untuk Denah Rumah Minimalis Modern

Beberapa ide berikut ini akan memberikan gambaran dan pertimbangan penting khususnya untuk denah rumah minimalis bergaya modern. Dari kesemuanya, yang akan kami bahas terkait tata letak ruangan, penempatan ruang khusus, fungsi denah, pencahayaan dan keterkaitan denah dengan type rumahnya.

Tata Letak Ruangan Modern

Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur letak ruangan pada denah rumah minimalis modern. Karena tata letak ruangan akan mempengaruhi desain interior rumah itu sendiri berserta pemilihan furniture minimalis. Bukan karena itu saja, selain hal tersebut tata letak ruang yang baik bertujuan untuk menyiasati ukuran lahan sempit sehingga menjadikan rumah tetap nyaman.

Dengan tata letak yang modern, seharusnya lebih menekankan penempatan sesuai pembagian zona ruang rumah serta menghindari peletakan ruang yang kurang cocok. 

Zona atau Area tersebut terbagi antara area publik, semi publik dan privat. Misal di dalam denah rumah 1 lantai terdapat 3 kamat tidur sebaiknya Anda menempatkan kamar tidur tersebut jauh dari area publik seperti ruang tamu, teras karena kamar tidur ini berada di area privat. Hindari peletakan ruangan yang kurang cocok, contohnya dapur, ruang makan, ruang keluarga di area yang tidak semestinya. Untuk ruang keluarga tergolong area semi publik jadi boleh berdekatan dengan ruang tamu tanpa partisi ruang.
denah rumah minimalis modern 1 lantai
Ide denah rumah minimalis 3 kamar dan carport ukuran 9x15

gambar denah rumah minimalis modern
Denah rumah minimalis modern tata ruang keluarga di depan


Penempatan Ruang Khusus

Ruangan khusus ini meliputi ruang baca, ruang kerja, mushola dan beberapa ruangan lain yang harus Anda atur penempatnnya sesuai fungsi dan kebutuhan. Jika Anda mengharapkan ruangan kerja yang bersifat privat maka sebaiknya mempertimbangkan penempatan ruangan tersebut yang terhindar dari jangkauan anak-anak. Apalagi jika Anda mempunyai buah hati yang masih balita tentunya lebih mengharapkan ketenangan dalam mengerjakan tugas kantor atau kerjaan sampingan Anda.
denah rumah minimalis modern 1 lantai mushola
Denah rumah minimalis 2 kamar tidur 1 mushola
Begitupun ruangan baca, Anda bisa memposisikan ruang tersebut di area santai yang tenang. Setidaknya Anda lebih memperhatikan denah rumah minimalis dengan ruang baca tersebut memakai konsep penambah ruang tingkat, jika Anda tidak mempunyai budget yang banyak maka untuk penempatan bisa memanfaatkan desain Mezzanine. Yang artinya membuat ruang tambahan bertingkat namun bukan rumah 2 lantai hanya menggunakan plafond yang lebih tinggi.
contoh desain mezzanine rumah minimalis modern
Contoh penerapan Mezzanine untuk rumah minimalis modern

gambar desain mezzanine rumah minimalis modern
Konsep keren desain Mezzanine dekat dengan atap rumah minimalis

Berdasarkan Fungsi Denah

Karena denah rumah berfungsi untuk menunjukkan posisi atau peletakan ruangan dalam sebuah rumah. Dengan begitu seseorang akan mudah mengetahui letak ruangan pada suatu bangunan. Nah jika peletakan ruangan tersebut harus berdasarakan fungsi ruang sebaiknya Anda menentukan letak yang ideal. Jika ada bahaya atau kerusakan pada rumah Anda maka perbaikannya akan melihat denah rumah yang telah Anda pesan ke arsitek.
denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 6x12
Inspirasi denah rumah minimalis modern ukuran 6x12

Dan manfaat lainnya juga dapat digunakan untuk lampiran persyaratan IMB untuk kantor pajak, jadi pembuatan denah rumah memang diperlukan. Dokumen tersebut sebaiknya Anda simpan baik sebelum membangun rumah minimalis dan setelah selesai. Karena jika sudah tersimpan dengan baik di dalam berkas ataupun dalam versi digital denah rumah tersebut dapat di cetak ulang untuk keperluan yang lainnya.

Pencahayaan Rumah

Pertimbangan lainnya sebelum Anda membuatkan denah rumah minimalis modern adalah penentuan cahaya alami dan cahaya dari lampu pijar. Karena pencahayaan rumah ini sangat berhubungan dengan denah rumah sendiri maka Anda perlu menentukan ruang yang mana untuk memperoleh sinar matahari dan mana saja yang memperoleh sinar lampu.
denah rumah minimalis cahaya alami
Cotnoh pencahayaan alami rumah minimalis

Ruang bukaan rumah sebaiknya juga jangan ditutup karena bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan udara alami untuk mengurangi pelembaban ruangan. Penempatan material kaca juga sangat mempengaruhi cahaya alami loh, sehingga pada siang hari untuk ruangan tertentu tanpa menyalakan lampu. Dengan demikian kebutuhan biaya untuk rekening listrik bisa ditekan seminim mungkin.
denah rumah minimalis ruang bukaan
Contoh ruang bukaan rumah minimalis modern

denah rumah minimalis 2 lantai
Desian rumah minimalis 2 lantai modern dengan pencahayaan alami


Denah Rumah Terhadap Tipe

Ukuran lahan sangatlah mempengaruhi type rumah yang akan dibangun. Sesuai dengan keterbatasan lahan, untuk kalangan menengah ke bawah pilihan rumah tpe 36, type 46 sangatlah cocok. Karena rumah dengan tipe-tipe tersebut tidak terlalu besar cukup untuk menampung jumlah keluarga yang tak terlalu banyak.
Gambar denah rumah minimalis 1 lantai ukuran 6x12 

Juga sangat perlu perhatian khusus pada desain interiornya, karena memang pada denah rumah minimalis type 36 tersebut diperlukan penempatan furniture yang seksama. Selain furniture rumah minimalis yang banyak varian Anda juga bisa memilih bentuk yang sesuai dengan rumah minimalis tipe 36 dan 45.
Contoh denah rumah minimalis type 45

Jiakalau Anda berminat untuk denah rumah minimalis 1 lantai ataupun 2 lantai ukuran tertentu, tak ada salahnya melihat referensi yang ada dangan mencari berdasarkan kategori di website ini.

Pada denah rumah minimalis modern banyak berevolusi dengan tatanan terbaru yang mengikuti trend perkembangan zaman. Perkembangan teknologi pun sangat mendukung para pengembang rumah minimalis di Indonesia dan internasional. Sekarang para desainer juga dimudahkan dengan piranti pendukung atau software aplikasi pendukung pekerjaannya.

Contoh untuk membuat denah rumah minimalis modern atau sederhana dukungan aplikasi yang memanfaatkan perangkat komputer, tablet bahkan melalui smartphone saja. Misalnya di Android untuk aplikasi pembuatan denah rumah ini banyak tersedia di Play Store. Nah, Anda juga sebenarnya bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut namun biasanya untuk fitur yang lebih lengkap Anda harus membayar, tidak gratisan loh.

Software desain rumah 3D terbaik juga banyak bermunculan akhir-akhirnya ini. Aplikasi online juga tersedia bukan hanya untuk profesinal saja, aplikasi desain rumah untuk pemula juga banyak bertebaran di internet. Tertarik untuk bikin denah rumah sendiri? sebelum mempercayakan pada jasa desain rumah tak ada salahnya Anda mencoba sendiri.

Demikianlah ide yang dapat kami bagikan untuk keperluan denah rumah minimalis yang bergaya modern. Dengan melihat contoh gambar yang ada maka Anda dapat menggunakan untuk referensi, juga informasi ini dapat Anda bagikan ke media sosial. Jika Anda membutuhkannya lagi maka dengan mudah menemukan info dari website ini. Selamat mencoba!

 
Back To Top