24 Januari 2018

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Bahan Sederhana

Berikut adalah cara membuat taman kecil di depan rumah dengan bahan sederhana yang mudah didapatkan. Selain itu Anda dapat melihat ide dari kami berupa gambar-gambar taman mungil yang minimalis. Meski Anda bukan seorang ahli landscaping namun tetap dapat membuat taman sendiri didepan rumah dengan meniru langkah-langkahnya.

Tapi jika teman-teman mau bikin taman kecil tapi belum yakin apa saja bahan baku yang diperlukan. Sebaiknya bisa membaca informasi berikut ini sebelum lanjut ke proses menata taman seperti alami padahal bukan sepenuhnya alami. Kita akan bermain dari tamanan pot bunga yang dikreasikan menggunakan bahan gerabah sederhana. Dan enaknya lagi bahan berikut ini bisa kita beli secara online di toko online seperti Bukalapak, Tokopedia dan OLX.

Bahan Pembuatan Taman Kecil

  • Batu bata merah kurang lebih 50 biji
  • Batu koral sikat 2-3 pack
  • 1 tanaman agak besar tinggi sekitar 1 meter
  • 1 buah pot bunga atau gerabah besar diameter 50 cm
  • 1 buah gerabah kecil diameter 10 cm
  • Gerabah untuk pancuran
  • 3 pot kecil beserta tanaman bunga
  • Pompa air celup untuk air mancur (alternatif pompa aquarium)
  • Air secukupnya
Gimana nih sudah jelas kan? bahan yang disiapkan untuk membuat taman kecil yang hanya membutuhkan area lahan sempit berukuran 1,5 meter persegi. Meskipun demi menciptakan taman sederhana yang asri perlu tambahan biaya untuk pembelian tanaman hias, Anda dapat mencoba seperti ini dulu. Nantinya jika ingin penambahan tanaman yang lebih padat lagi bisa dilakukan belakangan. Jika Anda ingin tau cara membuat taman vertikal sendiri lihat disini

Cara Membuat Taman Kecil di Depan Rumah Bahan Sederhana

Seperti ini lho cara membuat taman mungil di halaman depan rumah, untuk langkah demi langkahnya pun dapat ditiru langkah sesuai apa yang kami ulas di media ini. Anda perlu memilih area pojokan dari halaman teras depan rumah demi mewujudkan desain taman mirip contoh ini. Dan inilah cara menata halaman rumah agar terlihat indah dengan bahan murah.

1. Setelah menemukan area lahan yang cocok, untuk langkah yang paling awal ini Anda perlu menata pot dari tanaman yang paling besar. Letakkan pot tersebut berjajar dengan dudukan untuk gerabah kecil yang berukuran kecil.
cara membuat taman kecil di depan rumah
2. Pada langkah selanjutnya adalah menata batu bata melingkari gerabah besar, lihat cara menatannya dari contoh gambar berikut ini. Agar lebih artistik, lebih baik tata batu bata menumpuk dan berputar dengan diberi gap atau jarak.
cara membuat taman kecil didepan rumah
3. Kemudian tatalah kedua pot bunga kecil berdekatan dengan gerabah yang besar, perhatikan cara menata bunga yang baik bederakatan dengan air mancur. Sehingga tanaman bunga tetap segar karena guyuran air secara otomatis.
cara membuat taman kecil di depan rumah
4. Lalu pindahkan tanaman kedalam pot bunga yang kosong silahkan menata di dekat pot bunga yang kecil.
cara membuat taman kecil depan rumah
5. Langkah membuat taman kecil didepan rumah selanjutnya yaitu menata batu bata sehingga membentuk seperempat lingkaran, karena taman berada di area pojokan.
cara menata taman kecil di depan rumah
6. Teruskan pembuatan taman dengan mengisi batu koral sikat memenuhi area dalam batu bata yang membentuk 1/4 lingkaran tersebut. Tempatkan pompa celup untuk air mancur didalam gerabah yang besar.
taman minimalis depan rumah type 36
7. Isi air sampai memenuhi wadah, karena pembuatan air mancur ini menggunakan pompa maka  volume air akan tetap sama.
8. Hasil akhirnya akan tampak seperti gambar ini, meskipun hanya dengan bahan sederhana ini Anda tetap mendapatkan nuansa taman alami. Apalagi kalau Anda bisa menyamarkan selang air mancur dan kabel sehingga tidak terlihat.
Mudah bukan cara membuat taman kecil di area depan rumah maupun penerapan didalam rumah bahkan halaman belakang rumah. Dann ini bisa dikategorikan sebagai trik membuat taman minimalis di lahan sempit. Sangat baik untuk taman minimalis depan rumah type 36 lihat taman minimalis depan rumah type 36 lihat contoh selengkapnya

 
Back To Top